Begini Cara Agar Dapat Kerja Melalui Lowongan Kerja Online

Lowongan kerja online menjadi cara baru untuk mencari kerja dengan cara yang lebih mudah. Walaupun jaman sekarang situs lowongan kerja online sangat memudahkan daripada menyulitkan, namun jumlah pelamar ternyata lebih banyak daripada yang melamar dengan cara offline. Ini membuat saingan menjadi tambah banyak dan perusahaan juga merasa tidak masalah jika melewatkan profil yang sebenarnya berkualitas.




Nah, jika Anda ingin mencari pekerjaan melalui lowongan kerja online bisa mengikuti tips dibawah ini agar berhasil dan tidak sia-sia, ini dia beberapa diantaranya :

1. Melakukan riset

Anda bisa mulai untuk meneliti dan juga mencari tahu minat dan bakat yang dimiliki, serta perkerjaan yang cocok serta detail dari jenis pekerjaan tersebut. Ada banyak website yang menyediakan fasilitas tersebut. Banyak juga yang dapat diakses tanpa harus mengeluarkan banyak biaya alias free. 

Anda bisa tahu lowongan kerja apa yang sesuai dan tidak bingung ketika sudah masuk ke dalam situs pencarian kerja dan dihadapkan dengan ribuan lowongan yang telah dibuka. Carilah perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja sesuai dengan bidang yang diincar. Anda juga bisa melihatnya di berbagai website yang menyediakan lowongan kerja online. Namun, pastikan website tersebut dapat dipercaya.

2. Membuat cover letter yang spesifik

Ketika Anda melamar pekerjaan, biasanya akan diminta untuk menulis atau melampirkan CV dan cover letter ataupun surat lamaran kerja. Biasanya para pelamar melakukan kesalahan paling umum yaitu menggunakan satu CV atau cover letter untuk semua posisi di semua perusahaan yang akan dilamar. Karena lowongan kerja dan perusahaan yang dilamar berbeda-beda.

Anda bisa menyesuaikan CV dan cover letter posisi dan juga perusahaan yang dilamar. Dengan begitu, perusahaan akan dapat lebih percaya dan juga yakin jika Anda adalah kandidat yang tepat.

3. Tidak perlu memadati CV

Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup akan menjadi tempat untuk memamerkan hal yang telah dilakukan sebelum melamar di lowongan kerja tersebut. Biasanya, informasi yang ada di dalam CV menjadi sangat padat dan akan sulit terlihat mana yang menonjol.

Anda bisa memilah dan memilih kembali mana saja informasi yang bisa dimasukan ke dalam CV. Pilihlah beberapa saja yang terbaik, yang dapat menunjang nilai dirimu dan bisa dilihat oleh perusahaan yang akan menerima Anda.

Misalnya, Anda bisa memasukan riwayat pendidikan SMA dan kuliah saja, tidak perlu memasukan TK hingga SMP. Anda juga bisa mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman kerja yang sesuai dengan lowongan kerja yang dituju agar dapat menjadi bahan pertimbangan.

4. Jangan Cepat Menyerah

Jika lamaran lowongan kerja online Anda masih belum diterima, jangan cepat menyerah. Apalagi, jika Anda baru melamar di beberapa perusahaan. Ketika Anda sudah dipanggil interview pun, jangan berhenti untuk mencari pekerjaan di tempat lain. Karena terdapat riset yang menunjukkan bahwa seseorang biasanya akan ditolak hingga 15 lowongan kerja perusahaan hingga akhirnya menemukan yang tepat dan yang sesuai.

Biasanya setelah lulus, banyak orang yang berharap agar segera mendapat pekerjaan. Namun, lebih baik mempersiapkan diri agar pencarian kerja tidak menghabiskan banyak waktu. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah menyerah, dan jika lebih cepat, maka akan menjadi suatu kebahagiaan dan kepuasan tersendiri.

Itu dia beberapa tips agar mencari pekerjaan melalui lowongan kerja online bisa berhasil dan tidak sia-sia. Hal yang terpenting adalah tidak berhenti mencoba dan tidak mudah menyerah ketika mencari pekerjaan baik online maupun offline.  

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label