Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan

Minyak kelapa biasanya dianggap sebagai cairan yang bagus untuk kesehatan. Banyak pakar kecantikan yang merekomendasikan minyak kelapa sebagai salah satu cairan herbal yang bisa dipakai untuk perawatan tubuh.

Minyak ini mempunyai zat lemak jenuh yang besarnya 90 persen. Minyak yang mempunyai kandungan lemak jenuh yang tinggi mempunyai efek meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Tetapi, minyak ini bertambah popularitasnya karena terdapat klaim bahwa cairan ini bisa menyehatkan tubuh.





Banyak sekali orang yang memanfaatkan minyak ini untuk memperbaiki kesehatan. Simak pembahasan tentang khasiat dan manfaat minyak kelapa.

1. Berat badan bisa menurun

Minyak kelapa bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Minyak ini bisa digunakan sebagai minyak goreng alternatif. Kebanyakan orang yang mengonsumsi minyak ini biasanya tidak mengalami obesitas dan tidak mempunyai kandungan kolesterol buruk yang tinggi.

2. Jantung lebih sehat

Minyak satu ini mempunyai kandungan asam laurat. Kandungan ini membantu mencegah berbagai masalah jantung seperti kolesterol dan tekanan darah yang tinggi. Walaupun begitu, konsumsi minyak ini juga harus diperhatikan dengan baik karena kandungan kolesterol juga tinggi.

3. Rambut Sehat

Wanita yang menggunakan minyak ini biasanya mempunyai rambut yang panjang dan berkilau. Minyak ini juga membantu mengurangi efek kehilangan protein dengan mengganti protein yang rusak. Hal ini mengurangi kerusakan rambut.

4. Merawat kulit

Minyak kelapa biasanya juga digunakan untuk merawat kulit. Minyak ini kaya akan kandungan antibakteri, anti-penuaan, antioksidan, penyembuhan luka, dan anti-iritasi. Minyak ini juga tidak mempunyai efek samping dan telah digunakan selama ribuan tahun. Cairannya juga bisa membantu dalam mengobati penyakit kulit yang meliputi:

  • Membantu mengurangi efek eksim dan psoriasis
  • Melindungi kulit dari efek berbahaya dari sinar UV
  • Mengobati dermatitis atopik
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Melembapkan kulit
  • Melindungi kulit dari bakteri dan kuman
  • Mengobati luka bakar


5. Mencegah infeksi ragi – candida

Candida adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan ragi Candida albicans yang tidak terkendali di perut. Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi minyak ini secara bertahap bisa menyembuhkan penyakit tersebut. Sifat minyak ini yang bisa menahan kelembapan membuat kulit tidak retak. Kandungan asam – asam seperti asam kaprat, asam kaprilat, asam kaproat, asam miristat, dan asam laurat membantu menghilangkan Candida. Konsumsi yang bertahap dilakukan agar reaksi penolakan racun bisa dihindari.

6. Minyak Kelapa mempercepat penyembuhan

Ketika minyak ini dioleskan pada area yang terinfeksi, minyak akan membentuk lapisan yang melindungi bagian tubuh terinfeksi dari debu, udara, jamur, mikroba, dan virus. Minyak ini biasanya digunakan pada memar dan luka untuk menyembuhkan jaringan yang rusak.

7. Meningkatkan imunitas yang mengonsumsinya

Minyak ini digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh karena mengandung kandungan antimikroba seperti asam laurat, asam kaprat,dan asam kaprilat. Asam – asam ini mempunyai khasiat menangani virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit seperti herpes, flu, dan HIV/AIDS.

8. Mencegah IBS dan masalah pencernaan

Minyak satu ini bisa digunakan untuk membantu menangani masalah pencernaan termasuk sindrom iritasi usus (IBS). Minyak ini mempunyai kandungan antimikroba, dapat menghilangkan konstipasi, dan membantu penyerapan zat yang baik bagi tubuh seperti vitamin, mineral, dan asam amino.

Itu dia informasi mengenai khasiat atau manfaat minyak kelapa untuk kesehatan. Tentunya ada segudang manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan minyak tersebut. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda jika masih belum mengerti apa saja manfaat yang dimilikinya. 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label