Panduan Menyiapkan Menu MPASI 6 Bulan

Menu MPASI 6 bulan mungkin untuk pertama kali bisa jadi membuat Mam sedikit kebingungan. Mengingat pada usia ini, si Kecil mulai belajar makan sekaligus menerapkan pola makan sehat untuk kali pertama. Ada sebagian orangtua yang memilih memberikan MPASI instan, menimbang dari segi kepraktisan dan higienitasnya. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, bahkan mungkin bisa menjadi salah satu solusi jika Mam ingin mendapatkan menu makan yang sudah lengkap nutrisi dan vitaminnya.

Akan tetapi, menu MPASI 6 bulan tidaklah semerepotkan yang Mam kira. Membuat menu makan si Kecil secara homemade lebih dianjurkan, agar si Kecil mengenal menu rumah keluarganya. Dengan begitu akan lebih bisa menghindarkan si Kecil dari kemungkinan susah makan ataupun pilih-pilih makanan, di kemudian hari.



Saat ini, kita sudah tidak lagi berpedoman pada pola menu 4 Sehat 5 Sempurna. Melainkan sesuai petunjuk WHO, kita mengikuti kaidah Pola Makan Seimbang. Pola makan seimbang menjabarkan bahwa pada satu porsi makan sebaiknya mengandung unsur 4 Bintang (karbohidrat, protein hewani, protein nabati, serat sayur). Serta dengan menambahkan sedikit lemak tambahan seperti minyak zaitun (EVOO), keju, butter, santan, atau minyak sayur.

Sumber Karbohidrat dan Cara Membuat Porsi Makan
   
1. Beras merah dibuat bubur 1 cangkir per hari    
2. Beras putih dibuat bubur 1 cangkir per hari    
3. Kentang dikukus 1 buah per hari    
4. Ubi dikukus 1 buah per hari    
5. Oatmeal dibuat bubur 2 sdm per hari  
  
Sumber Protein Hewani dan Cara Membuat Porsi Makan    

1. Daging sapi giling dimasak matang bersama bubur 1 sdm per hari    
2. Daging ayam giling dimasak matang bersama bubur 1 sdm per hari    
3. Telur direbus 1 butir per hari    
4. Ikan atau seafood dimasak matang 1-2 potong per minggu
   
* Untuk seafood, amati reaksi alergi pada si Kecil. Hentikan pemberian, jika gejala alergi keluar.  
  
Sumber Protein Nabati dan Cara Membuat Porsi Makan    

1. Tahu dikukus 1 potong per hari    
2. Tempe dikukus 1 potong per hari    
3. Kacang hijau kupas dibuat bubur 1 cangkir hari    
4. Kacang polong dibuat bubur 1 cangkir hari    
5. Kacang merah dibuat bubur 1 cangkir hari  
  
Sumber Serat Sayur dan Cara Membuat Porsi Makan
   
1. Labu kuning dikukus 1 cangkir hari    
2. Labu siam  dikukus 1 cangkir hari    
3. Wortel dikukus 1 cangkir hari    
4. Brokoli dikukus 1 cangkir hari    
5. Bayam dikukus 1 cangkir hari

Menyiapkan MPASI Balita 6 Bulan

Dalam menyiapkan menu MPASI si Kecil, Mam tidak perlu repot-repot dengan memisahkan menunya dengan menu harian keluarga. Semisal, hari ini Mam hendak memasak sayur sop, cukup sisihkan kentang (karbo), wortel (sayur) dan sedikit kaldu daging atau ayamnya beserta sekerat dagingnya (protein hewani). Lengkapi dengan tempe kukus (protein nabati). Beri topping 1 sdt minyak zaitun. Sajikan hangat-hangat.

Selepas minggu pertama menu tunggal, si Kecil sudah seharusnya mendapat menu lengkap 4 bintang. Jadi, Mam tidak usah ragu-ragu apalagi menunda-nunda pemberian bahan makanan tertentu. 

Tips menyiapkan MPASI antara lain:

1. Segerakan pemberian protein hewani tinggi zat besi, seperti daging sapi, kuning telur, atau daging ayam. Selepas usia ASI eksklusif 6 bulan, kadar zat besi dalam ASI akan menurun. Sedangkan kebutuhan si Kecil meningkat. Oleh sebab itu, demi mencegahnya terkena anemia, berikan MPASI tinggi zat besi. Kekurangan zat besi pada 1000 hari pertama kehidupan anak, akan menurunkan tumbuh kembang otak dan mempengaruhi kecerdasannya.

2. Mam bisa membuat stock bahan MPASI dalam jumlah banyak dengan menyimpannya satu persatu dalam wadah terpisah, yang dibagi per porsi makan. Dengan begitu, setiap menjelang jam makan, Mam hanya perlu menghangatkannya sebentar sebelum menyajikannya. Jangan menyimpan dalam keadaan sudah tercampur menjadi bubur. Jangan pula menyimpan MPASI yang tidak habis dimakan si Kecil. 

3. Jangan menambahkan gula, garam, merica, maupun penyedap rasa ke dalam MPASI, sebelum si Kecil berusia 1 tahun. Tidak juga pemberian kecap atau saos tomat, kecuali yang dibuat dari tomat blender.

Nah, mudah bukan menyiapkan menu MPASI 6 bulan?  Selamat mencoba Mam!

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label