Peran Penting Filter Oli pada Sepeda Motor

Filter oli merupakan bagian yang memiliki fungsi penting pada sebuah sepeda motor. Semua jenis sepeda motor dari berbagai merek, salah satunya Yamaha, membutuhkan alat ini supaya mesin bisa bekerja dengan baik dan memberikan performa yang maksimal. Bisa dikatakan bahwa alat yang satu ini merupakan bagian yang cukup vital dari sebuah sepeda motor.

Sebelum bicara lebih lanjut tentang alat penyaring oli ini, kita harus mengenal lebih jauh tentang oli pada sebuah sepeda motor. Oli diketahui memiliki fungsi yang sangat penting untuk melumasi komponen pada mesin. Dengan adanya oli, setiap bagian pada mesin bisa bekerja dengan baik dan tidak bergesekkan satu sama lain yang bisa menimbulkan aus.



Karena sebuah sepeda motor membutuhkan oli, maka sepeda motor juga akan membutuhkan alat untuk menyaring oli. Penyaring oli atau filter ini sesuai dengan namanya digunakan untuk menyaring oli. Alat yang satu ini sangat penting untuk menjaga kualitas oli sehingga mesin sepeda motor anda bisa bekerja dengan optimal.

Fungsi Penyaring Oli

Sudah dikatakan bahwa penyaring oli digunakan sesuai dengan namanya yaitu untuk menyaring oli. Ketika mesin digunakan terus menerus, maka akan ada kotoran yang masuk ke dalam mesin kemudian membuat oli menjadi semakin kotor. Semua kotoran akan mengendap di dalam oli dan membuat kualitas oli menjadi buruk.

Filter oli akan membantu menyaring semua kotoran yang ada pada oli. Dengan begitu, oli bisa terbebas dari kotoran termasuk gram besi dan aman untuk didistribusikan ke semua bagian mesin serta menjalankan fungsinya seperti baisa yaitu sebagai pelumas.

Sayangnya, banyak orang tidak menganggap penyaring ini sebagai benda yang penting. Banyak yang tidak peduli pada keberadaan alat penyaring yang satu ini. Baru kemudian mereka sadari ketika motor sudah dalam kondisi rusak dengan mesin yang tidak bisa berjalan dengan normal lagi.

Jika Filter Tidak Diganti

Penyaring oli merupakan salah satu alat pada sepeda motor yang harus diganti secara rutin. Memangnya, apa yang akan terjadi jika alat ini tidak diganti secara rutin? Tentu saja akan ada dampak yang ditimbulkan jika anda malas mengganti penyaring oli secara tepat waktu. 

Perlu diketahui bahwa pada setiap kendaraan terdapat jadwal penggantian penyaring oli tiap total km tertentu. Anda harus memperhatikan dengan seksama, motor yang anda gunakan perlu diganti penyaring olinya setiap berapa km sekali. Jangan sampai anda mengulur waktu kemudian mengganti penyaring oli tidak tepat waktu.

Jika anda melakukan terlambat mengganti penyaring oli di motor anda, maka bisa dipastikan mesin motor akan menjadi rusak. Performa mesin akan menurun dan bisa berakibat fatal pada kondisi motor anda jika terus dibiarkan begitu saja. Hal ini terjadi karena kotoran mengendap di dalam oli dan menimbulkan kerusakan pada bagian-bagian mesin.

Filter Oli Yamaha

Yamaha merupakan salah satu merek motor yang sangat populer di Indonesia. Yamaha telah mengeluarkan banyak sekali pilihan jenis dan tipe motor. Setiap motor memiliki spesifikasi yang berbeda-beda dan menggunakan jenis mesin yang berbeda. Oleh karena itu filter oli yang dibutuhkan juga bisa berbeda. 

Setiap tipe alat penyaring oli juga dibanderol dengan harga yang berbeda-beda. Silakan sesuaikan jenis motor serta jenis mesin dengan tipe filter oli yang bisa anda gunakan. Pastikan anda menggunakan produk yang original untuk menjaga kualitas performa mesin dan membuat motor anda bisa bekerja dengan optimal.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label