Cari Mobil Bekas : Apa yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Mobil Bekas?

Cari mobil bekas menjadi alternatif karena harga mobil baru yang mahal seringkali menjadi kendala.Tidak bisa di pungkiri mobil merupakan kebutuhan Anda akan transportasi yang praktis untuk mendukung aktivitas, khususnya di perkotaan akan memaksa Anda untuk membeli kendaraan sendiri. Jika dilihat dari sisi kenyamanan dan keamanannya, mobil merupakan pilihan yang cocok bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi.




Kendati demikian, setelah memiliki mobil pun Anda masih mempunyai PR baru. Ya, mobil yang sudah dibeli harus dirawat dengan benar. Apa lagi jika mobil tersebut merupakan mobil bekas di mana tentu saja kualitasnya tidak bisa disamaratakan dengan mobil baru. Bukan tidak mungkin pula ada beberapa komponen mobil yang harus diperbarui.

Lakukan ini Pada Mobil Bekas yang Telah Dibeli

Pada dasarnya tidak peduli mobil baru atau mobil bekas, mobil haruslah tetap dirawat dengan benar. Ini bertujuan membuat mobil lebih awet dan kinerjanya normal. Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan untuk mobil bekas yang baru dibeli.

1. Mengetahui kapabilitas kendaraan Anda

Informasi pada brosur dan test drive yang Anda lakukan sebenarnya bisa digunakan untuk mendapat gambaran tentang performa mobil dan karakternya. Walaupun begitu, Anda harus tetap mengecek kembali beberapa komponen yang ada di mobil. Seperti berapa kompresi dari mesin, bahan bakar apa yang cocok bagi mobil, tekanan angin ban, kecepatan maksimum yang bisa diterima mobil, kapasitas berat mobil, dan lainnya.

Anda bisa melihat buku manual yang disertakan untuk menjawab segala pertanyaan yang dimiliki tentang mobil yang baru dibeli setelah cari mobil bekas.

2. Memberikan cat tambahan

Cat adalah pelindung mobil dari udara luar yang bisa menyebabkan karat. Mobil bekas yang telah dibeli harus diberi cat tambahan agar mobil tidak berkarat. Metode pengecatan sekarang mempunyai beberapa macam, mulai dari waxing, hingga nano cheramic yang bisa tahan lama.

3. Pemasangan kaca film

Mungkin bagi beberapa orang, kaca film tidak perlu dipasang. Tetapi, kaca film adalah salah satu bagian yang cukup penting. Selain mencegah orang lain melihat semua barang yang ada di dalam mobil, kaca film juga mampu menolak panas matahari. Kaca film juga bisa menahan pecahan kaca agar tidak masuk ke kabin. Ini penting dilakukan untuk Anda yang tengah cari mobil bekas.

4. Asuransi

Bencana yang terjadi pada mobil Anda bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu, membeli asuransi sangat penting untuk melindungi mobil dan meng-cover semua kerugian yang diakibatkan oleh bencana yang terjadi. Walaupun begitu, Anda harus selektif dalam memilih penyedia asuransi yang kredibel dan mudah diakses. 

5. Tambahkan perangkat aksesoris lain 

Setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda–beda. Terkadang dealer membatasi fitur–fitur yang dibutuhkan konsumen karena alasan budget atau karena mobil yang dijual adalah versi lama. Namun jangan khawatir, ada banyak bengkel yang bisa memodif mobil Anda dengan fitur–fitur tambahan agar tetap up to date. 

Fitur–fitur seperti kamera parkir, sensor parkir, foglamp, head unit berlayar bisa didapatkan dari pasar. Tetapi, Anda harus hati hati agar fitur yang ditambahkan tidak mengganggu kenyamanan dan keamanan.

6. Jadwal servis

Anda harus servis mobil bekas yang sudah dibeli. Mobil yang dibeli kemungkinan besar sudah lama tidak diservis. Oleh karena itu, Anda harus bertanya ke pemilik lama mobil tersebut. Jika tidak, Anda bisa langsung menservis mobil ke bengkel, baik yang resmi maupun bengkel biasa agar mobil tetap bekerja secara normal.

Demikianlah 6 hal yang perlu dilakukan setelah Anda selesai cari mobil bekas. Mengingat harga mobil tidak murah, pastikan Anda merawat mobil dengan baik dan benar. Jangan sampai kelalaian Anda dalam merawatnya membut kinerja mobil menurun.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label