Ingin Liburan Akhir Pekan ke Madiun? Ikutilah Itinerary Berikut

Kota Madiun, meski sudah dikenal luas berkat industri kereta api dan pabrik gulanya, sebelumnya dikesankan sebagai kota kecil yang terpencil. Memang, letaknya yang berjarak 120 km dari Solo dan 160 km dari Surabaya seolah membenarkan anggapan itu, tetapi hal itu telah berubah, terutama dengan dibukanya akses tol trans-Jawa. 


“Keterpencilan” Kota Madiun itulah yang justru menjadi faktor pendukung kelestarian dan keasriannya sehingga menjadi daya tariknya. Nyatanya, destinasi wisata terbaru di wilayah Madiun didominasi oleh wisata alam. Berikut ini itinerary yang cocok untuk sekeluarga.

Sabtu

Pagi hari Anda telah selesai berkemas dan mempersiapkan mobil guna melaju menuju Madiun. Perjalanan yang lancar via tol memungkinkan Anda untuk tiba di sana sebelum tengah hari. Pilihlah gerbang keluar tol Madiun yang terdekat dengan pusat kota dan menuju hotel di Madiun yang telah anda pesan untuk check-in dan menaruh barang-barang. Bila belum, segeralah pesan hotel dekat sini lewat aplikasi Airy atau di situs resminya.

Bila Anda datang terlalu awal sebelum waktu check-in jangan menyia-nyiakan waktu dan segera perluas cakrawala pengalaman kuliner Anda dengan sajian yang menggugah selera. Saatnya menuju ke kios Es Dawet yang terkenal itu. Ya, yang dimaksud adalah “Es Dawet Suronatan” yang beralamat Jl. Merbabu No.10, Pangongangan, Mangu Harjo. Perkiraan waktu tempuhnya hanya 10 menit. Sekali sruput mampu merobohkan tembok pertahanan diet Anda. Tak hanya Dawet, di sini juga menyediakan beberapa makanan berat.

Setelah selesai urusan penginapan dan perut, pergilah ke utara lalu ke barat, melintasi Bengawan Madiun yang membelah Kota Madiun untuk santai menikmati sore dinaungi pohon-pohon trembesi tua nan rindang di “Hutan Kota Ngegong”. Menjelang senja, untuk kaum muslim bisa menuju ke “Masjid Besar Kuno Taman” di Jl. Asahan No. 46. Selain untuk menunaikan salat, sebelumnya atau sesudahnya Anda bisa berkeliling Masjid yang didirikan pada tahun 1754 oleh Kyai Ageng Misbach.

Matahari tenggelam membawa turun angin gunung. Anda bisa memilih kembali sejenak ke penginapan yang berjarak kurang dari dua Km untuk beristirahat dan mandi. Bergeser ke Jalan HOS Cokroaminoto, sepanjang itu berjejer para jawara kuliner andalan Madiun. Pecel, Rawon dan Soto adalah andalannya. Bila masih belum cukup lelah, liburan hari ini bisa ditutup dengan nongkrong di sekitar alun alun Kota Madiun sebelum kembali ke penginapan

Minggu

Setelah check-out, pagi ini mengarah ke lereng Gunung Wilis. Titik pertama kita adalah “Wana Wisata Grape” di Kresek. Udara yang sejuk didukung oleh area persawahan dan hutan Jati. Di sana tersedia jogging track atau yang gemar bersepeda bisa mencoba jalur menanjak menuju PLTA Golang.

Tak jauh dari Grape, selanjutnya menuju ke Krecekan Denu, objek yang belum lama ini dibuka. Setelah mencapai lokasi parkir, siapkan lagi fisik Anda karena kita akan berjalan sekitar 15-20 menit menyusuri jalur yang hijau yang alami dan asri. Sesampainya di Krecekan, sedikit lelah akan ditebus dengan kepuasan bermain air sambil menikmati kesejukan alam.

Tujuan selanjutnya adalah “Hutan Wisata Nongko Ijo”. Destinasi ini berada di kawasan milik Perhutani berupa hutan Pinus berusia puluhan tahun yang diolah para pemuda lokal yang jeli membaca zaman, hasilnya adalah segudang spot yang instagrammable. Satu lagi objek yang jangan sampai terlewat, “Desa Wisata Tubing Brumbun”. Nikmati pengalaman mengapung dengan ban dan pelampung mengikuti aliran sungai pegunungan.

Kini saatnya kembali ke kota, tapi jangan terlewat untuk mampir ke pusat oleh-oleh, yaitu “Toko Mirasa 1”, di Jl. Panglima Sudirman No. 210, Pandean. Berbagai oleh-oleh bisa kita temukan di sini. Krupuk puli, Madumongso dan Brem tentunya. Bila Anda ingin membawa pulang kelezatan bumbu pecel Madiun yang tentunya telah anda rasakan, anda juga bisa membeli di sini. Tersedia berbagai merek yang memiliki rahasianya masing-masing. “Bluder Cokro” di Jl. Hayam Wuruk No. 51-53, Manguharjo adalah target oleh-oleh terakhir sebelum pulang. Roti bertekstur halus dan lembut dengan 14 varian isi, seperti coklat, keju, kismis dan lain-lainnya.

Bagimana itinerary tadi? Menarik, bukan? Segera unduh aplikasi Airy di “Google Play” atau “App Store”, bisa juga dengan mengunjungi situs resminya untuk mendapatkan info dan promo menarik, lalu pesan hotel di Madiun. Airy Rooms dengan jaringan hotel di lebih dari 70 kota. AC, TV flat screen, tempat tidur yang nyaman dan bersih, shower air panas yang lengkap dengan peralatan mandi, air minum, hingga Wi-Fi gratis tersedia sebagai fasilitas standar yang akan menjamin kenyamanan Anda.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini