Hati-Hati, Jangan Salah Membalut Luka

Setiap orang memiliki respon yang berbeda-beda ketika tanpa sengaja mengalami cedera akibat kecelakaan yang dialami. Saat mengetahui ada luka baret ataupun luka sayat di kulit, sebagian meresponnya dengan tetap tenang menahan perihnya luka sambil mengeluarkan air mata, ada yang menangis dan berteriak sejadi-jadinya, bahkan ada juga yang langsung jatuh pingsan ketika melihat darah mengalir keluar dari dalam kulit.


Luka yang timbul akibat kecelakaan yang kejadiannya seringkali berlangsung secara tiba-tiba ini sebaiknya bisa Anda sikapi dengan tetap tenang. Pikiran yang selalu tenang akan mempermudah Anda mencari solusi terbaik untuk menangani hal-hal yang tidak terduga yang menimpa Anda.

Sesaat setelah kecelakaan terjadi, perasaan panik memang pasti timbul saat mengetahui salah satu bagian tubuh mengalami luka. Terlebih jika luka tersebut mengalirkan banyak darah. Namun sebisa mungkin usahakan untuk segera membuang rasa panik tersebut dan beralih memikirkan tindakan tepat apa yang bisa segera Anda lakukan untuk menangani luka.

Meski darah cukup banyak keluar dari dalam luka, tetap usahakan untuk mencuci area luka dengan air bersih mengalir. Tidak perlu terlalu lama, supaya darah tidak keluar lebih banyak. Selanjutnya, segeralah menutupnya sebentar menggunakan beberapa lembar tissue atau kain bersih jika ada. Tutup luka dengan memberikan sedikit tekanan di atasnya sambil mencari plester atau perban yang dapat membalut luka tersebut. 

Apabila sayatan cukup panjang, dan bantalan kasa pada plester dirasa kurang lebar untuk menutup luka, lebih baik memilih perban untuk membalutnya, yaitu setelah menumpukkan beberapa lembar kapas bersih di atas luka.

Dalam membalut luka, terdapat teknik tersendiri yang tentunya bisa berbeda-beda, tergantung dari letak lukanya. Jika sekiranya Anda belum mengetahui cara membalut luka yang benar, Anda bisa meminta bantuan orang lain atau mengunjungi dokter terdekat untuk membalutkan luka yang baru saja dialami.

Maka, agar Anda bisa tetap tenang dalam merespon luka, link berikut bisa menjadi rujukan bagi Anda untuk menambah informasi tentang tindakan-tindakan instan apa saja yang perlu dilakukan saat mendapati luka sayat maupun luka baret pada kulit:


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label