Bengkel Online : Anda Punya Mobil? Jangan Lupa Cek 5 Jenis Oli Ini Pada Mobil Anda

Ketika Anda akan pergi liburan bersama keluarga, tentunya akan lebih leluasa jika menggunakan mobil. Mobil memiliki kapasitas yang cukup besar untuk menampung banyak orang, seperti mobil jenis MPV. Mobil ini biasanya memiliki daya tampung 6-8 orang juga bagasi yang cukup luas. Selain memperhatikan daya tampungnya, mobil juga harus diperhatikan perawatannya agar tidak terjadi kerusakan. Bengkel online bisa menjadi solusi untuk Anda yang mengalami masalah pada mobil dimanapun berada.

Sebelum bepergian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya yaitu pelumas atau oli mobil. Oli berfungsi sebagai pelumas mesin, pelindung karat, pembersih mesin, pendingin mesin, menghemat bahan bakar, dan masih banyak lagi. Untuk itu, oli sangat berperan penting dalam fungsi mobil itu sendiri.


Agar mobil tetap berfungsi dengan baik, maka Anda harus mengecek  5 jenis oli ini secara rutin, yaitu sebagai berikut:

1. Oli Mesin
Oli mesin terbagi dalam 3 jenis, yaitu oli mineral (terbuat dari bahan minyak bumi), semi sintetik (kombinasi antara oli mineral dan sintetik), dan full sintetik (terbuat dari bahan murni oil sintetik). Mengganti oli mesinnya biasanya diukur melalui jarak tempuh per kilometer mobil. 

Oli mineral bisa digunakan sampai 7000 km dan oli sintetik bisa digunakan sampaa 10.000 km. Sebaiknya, Anda mengganti oli sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh pihak pabrikan atau ATPM, yaitu umumnya 5000 km, agar kondisi mobil tetap prima.

2. Oli Transmisi
Ada dua jenis oli transmisi, yaitu transmisi manual dan matik. Oli transmisi manual mampu digunakan sampai 10.000 km dalam keadaan jalan, tidak termasuk dalam kondisi macet. Pada Oli khusus matik, disarankan untuk menggantinya setiap kelipatan 20.000 km. Tanyakan pada bengkel online apabila Anda masih bingung perihal ini.

3. Oli Gardan
Penggantian oli gardan dilakukan bersamaan dengan oli transmisi. Oli ini biasanya diganti secara teratur jika jarak tempuh sudah mencapai 20.000 km. Harga yang ditawarkan yaitu berkisar Rp. 27.000 sampai Rp. 45.000.

4. Oli/Minyak Rem
Rem merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan. Untuk itu, rem harus diperhatikan dan diberikan perawatan secara rutin, yaitu dengan cara mengganti minyak rem jika sudah memasuki 2 tahun. Menggantinya dengan pelumas/oli tidak disarankan karena kandungannya yang berbeda dapat merusak fungsi rem mobil.

5. Oli/Minyak Power Steering
Oli pada powersteering digunakan sebagai pompa hidraulik sehingga meringankan pengguna kendaraan mobil untuk menggerakan pengendali stir mobil. Penggantian oli ini biasanya dilakukan jika jarak tempuh telah mencapai 25.000 km atau sekitar dua tahun dari pemakaian awal mobil.

Itulah beberapa jenis oli pada mobil Anda yang harus diperhatikan. Bengkel online menyediakan beberapa suku cadang serta aksesoris lain yang dapat mendukung performa mobil Anda.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini