5 Makanan Khas Riau yang Legendaris dan Maknyus

Sebagai salah satu provinsi terbesar di Pulau Sumatra, Riau tersohor dengan budaya dan destinasi wisatanya yang beragam. Eits, bukan cuma itu! Berlibur ke Riau sama dengan mengunjungi “surganya” kuliner maknyus. Pasalnya, kamu bakal menemukan banyak kuliner unik dan enak yang pastinya bisa bikin ketagihan. Yuk, simak ulasan menariknya!

1. Mie Lendir


Mie lendir (sumber:instagram.com @bunkzae)

Meski nama makanan ini terdengar sedikit aneh, soal rasa tidak perlu diragukan lagi. Bahan dasar untuk membuat sajian ini adalah mi kuning basah atau juga disebut mi lidi. Mi kuning direbus sampai matang, lalu disiram dengan kuah kacang gurih. Sebagai pelengkap, mi diberi telur rebus, bawang goreng, dan taburan daun seledri.

Kuah mi yang kental menjadi alasan kenapa makanan ini kemudian dinamakan Mie Lendir. Pertama kali mencicipinya, kamu bakal merasakan sensasi pedas dan manis yang menyatu sempurna. Akan lebih nikmat apabila ditambah irisan cabai rawit untuk sensasi rasa yang lebih pedas. 

2. Gulai Belacan

Jika berkunjung ke Riau, kamu wajib coba yang namanya gulai belacan. Kuliner berbahan dasar udang ini menawarkan rasa gurih dan pedas. Ditambah lagi, bumbu rempahnya yang kuat bikin lidah benar-benar bergoyang saking nikmatnya. Untuk membuat sajian istimewa ini, dibutuhkan berbagai bahan-bahan seperti lada, asam Jawa, santan, dan kemiri. 

Supaya lebih mantap, biasanya sajian gulai ini ditambahkan petai. Wah, pastinya nikmat sekali, kalau gulai ini disantap dengan nasi putih hangat!

3. Gulai Ikan Patin

Saat bertandang ke Riau, kamu juga wajib mencicipi yang namanya gulai ikan patin. Masakan khas Melayu ini memiliki kuah kuning yang gurih dan kaya rasa. Kelezatan gulai ini juga berasal dari tekstur ikan patin yang berdaging lembut. Kombinasi keduanya—bumbu dan daging ikan yang lembut—menjadi kunci kenapa menu ini begitu populer di Pulau Sumatra.

Bagi masyarakat Riau, ikan patin lebih akrab dengan sebutan ikan baung. Jenis ikan ini banyak ditemui di perairan Riau, terutama di Sungai Siak, Sungai Indragiri, dan Sungai Kampar.

4. Es Laksamana Mengamuk

Saat pertama kali mendengar nama minuman ini, kamu mungkin akan merasa penasaran. Kira-kira, apa sih makna di balik nama es khas Riau ini? Usut punya usut, dahulu ada seorang laksamana yang mengamuk di kebun mangga kuini karena istrinya dibawa lari oleh sang pemilik kebun. 

Saking marahnya, dia pun menebaskan pedangnya ke segala arah dan bikin banyak buah jatuh. Setelah dia pergi, warga datang untuk mengumpulkan buah kuini yang berserakan di tanah. Karena bingung mau diolah jadi apa buah-buah itu, seorang wanita kemudian mangga itu dan mencampurnya dengan santan dan gula. Jadilah es laksamana mengamuk yang kamu kenal sekarang. 

5. Lopek Bugi


Lopek Bugi (sumber:instagram.com @cerita.riau)

Jangan lewatkan penganan yang satu ini kalau kamu liburan di Riau. Menariknya, makanan tradisional ini ternyata dahulu hanya disajikan untuk kaum bangsawan. Namun, kini lopek bugi disantap oleh masyarakat dari golongan apa pun. Untuk membuat lopek bugi, bahan dasar yang dibutuhkan adalah tepung ketan, kelapa, gula putih, dan santan. Jajanan ini pun kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus. 

Ada banyak kuliner maknyus yang bakal memanjakan perutmu jika berlibur ke Riau. Jadi, tunggu apalagi? Cari informasi seputar tiket pesawat ke Riau! Supaya lebih praktis, kamu bisa unduh aplikasi Airy di gawaimu. Kemudian cari update terbaru tentang harga tiket pesawat Batik Air atau maskapai lainnya. 

Untuk masalah akomodasi, kamu tidak perlu khawatir, Airy juga menyediakan beragam hotel dengan kualitas terbaik di Riau yang bisa kamu pilih .

Dengan Airy, kamu juga tidak perlu takut tiket bakal hangus karena ada kendala di perjalananmu. Hal ini karena Airy menyediakan layanan refund dan reschedule yang simpel. Yang terpenting lagi, Airy menjamin segala transaksi bebas penipuan. 

Jadi tunggu apa lagi? Segera pesan tiket pesawat dan hotel di Airy, mulai rencana liburanmu sekarang.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label