4 Tips Memilih Bahan Bakar yang Tepat untuk Motor

Bagi yang memiliki kendaraan roda dua seperti motor, Anda membutuhkan bahan bakar minyak atau BBM untuk membuat motor Anda bisa digunakan. Ada berbagai pilihan bahan bakar minyak yang tersedia di SPBU, misalnya pertamax atau jenis-jenis bahan bakar yang lain. Namun Anda harus memilih bahan bakar yang tepat sesuai dengan spesialisasi motor. 


Memilih bahan bakar yang tidak sesuai  berpotensi merusak mesin motor Anda. Agar bisa mendapatkan bahan bakar minyak yang sesuai untuk motor Anda, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

1. Membaca buku petunjuk manual

Ketika Anda baru membeli sebuah motor, dealer dan pabrikan motor tersebut juga akan menyertakan buku manual yang berisi panduan untuk perawatan motor Anda. Dalam buku panduan akan dijelaskan secara detail bentuk perawatan motor yang diperlukan, mulai dari waktu servis, waktu ganti oli, serta bahan bakar minyak yang dianjurkan untuk tipe motor Anda. 

Maka, sebelum menggunakan motor dan mengisi bahan bakar untuk motor tersebut, pastikan Anda telah membaca petunjuk dan bahan bakar yang memang dianjurkan oleh pabrikan seperti yang tertera pada buku petunjuk manual motor tersebut. 

2. Ketahui rasio kompresi

Salah satu faktor yang menentukan bahan bakar minyak yang sesuai untuk setiap tipe motor adalah kompresi mesin yang ada pada motor tersebut. Anda perlu mengetahui rasio kompresi ini agar bisa menentukan bahan bakar minyak yang sesuai. Jika rasio kompresi mesin motor Anda adalah 7:1 hingga 9:1, maka Anda dianjurkan untuk menggunakan BBM jenis premium atau pertalite. 

Sementara mesin dengan rasio kompresi 10:1 hingga 11:1 dianjurkan menggunakan BBM jenis pertamax. Motor dengan rasio kompresi yang lebih tinggi lagi seperti 11:1 hingga 12:1 dianjurkan untuk menggunakan pertamax plus. Jika Anda menggunakan BBM dengan RON yang terlalu tinggi untuk rasio kompresi motor, maka mesin motor akan menjadi tidak bertenaga. 

3. Melihat sistem pendingin

Jika Anda ingin menggunakan bahan bakar minyak dengan kualitas yang lebih baik dan RON yang lebih tinggi, maka Anda bisa melakukan modifikasi terhadap motor tersebut. Namun sebelum melakukan modifikasi, pastikan Anda mengecek terlebih dahulu apakah motor tersebut sudah memiliki sistem pendinginan atau belum, seperti sistem radiator. 

Jika motor Anda sudah dilengkapi sistem pendingin, maka Anda bisa melakukan modifikasi dan mengganti bahan bakar dengan RON yang lebih tinggi. Sistem pendingin ini akan mencegah motor Anda mengalami overheat ketika menggunakan jenis bahan bakar minyak yang berbeda karena RON yang semakin tinggi akan menghasilkan suhu yang lebih tinggi pula. 

Biasanya motor-motor keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan sistem pendingin ini dari pabriknya. Lain halnya dengan motor-motor keluaran terdahulu yang biasanya hanya menggunakan sistem angin untuk mekanisme pendinginnya.

4. Sesuaikan dengan budget

Semakin tinggi RON suatu bahan bakar dan semakin baik kualitasnya, harga yang ditetapkan juga semakin mahal. Maka, jika Anda memutuskan untuk membeli motor yang dianjurkan menggunakan bahan bakar tertentu, pastikan bahwa Anda sudah memiliki anggaran untuk memberi motor tersebut bahan bakar minyak yang sesuai. Jangan sampai Anda menurunkan kualitas bahan bakar dari bahan bakar minyak yang dianjurkan oleh pabrikan motor untuk motor Anda. 

Itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan untuk memilih jenis bahan bakar minyak yang sesuai untuk motor Anda. Berbagai pilihan bahan bakar minyak seperti pertamax dan BBM jenis lain ini tersedia di seluruh SPBU Pertamina. 



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label