Mencegah Penularan Virus Corona, Ini Hal yang Harus Dilakukan dan yang Tidak Boleh Dilakukan

Bulan Januari semuanya masih normal. Meskipun pada bulan itu sudah ada banyak pasien terinfeksi virus corona di Tiongkok, Indonesia masih aman. Anda masih bisa bepergian, mengunjungi teman, atau sekedar nongkrong di cafe. Meskipun beberapa daerah di Indonesia dilanda banjir besar, mungkin termasuk juga rumah Anda, hal tersebut tidak menjadi penghalang untuk beraktivitas seperti biasa. 


Awal bulan maret merupakan titik awal segalanya berubah. Dimulai ketika pemerintah mengumumkan dua kasus pertama positif Covid-19 di Indonesia. Pemerintah mengeluarkan himbauan dan aturan-aturan baru. Semuanya dilakukan demi menekan penyebaran Covid-19 yang semakin meluas di Indonesia.

Masyarakat Indonesia diminta untuk berkontribusi secara aktif dalam menekan penyebaran virus corona. Anda bisa melakukannya dengan cara memilah hal-hal yang harus dilakukan dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama masa pandemi ini.

Apa yang harus dilakukan?

Setidaknya ada 5 himbauan dari pemerintah yang harus Anda lakukan demi menjaga diri dan orang-orang di sekitar, yaitu:

1. Mencuci tangan pakai sabun

Setelah menyentuh suatu benda, Anda harus mencuci tangan pakai sabun. Misalnya menyentuh uang, tombol lift, pegangan pintu, dan benda-benda lainnya. Bahkan ketika Anda di rumah saja, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir tetap diperlukan.

2. Menggunakan masker

Sebelumnya, himbauan pemakaian masker hanya ditujukan kepada mereka yang sakit atau memiliki gejala Covid-19. Setelah dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO, pemakaian masker menjadi wajib. Untuk itu, Anda bisa menggunakan masker kain minimal 3 lapis.

3. Menjaga jarak

Jaga jarak atau physical distancing juga diperlukan. Virus corona menyebar melalui droplet sehingga Anda harus menjaga jarak sekitar 1-2 meter agar tidak terkena percikan droplet tersebut.

4. Mandi dan merendam pakaian setelah bepergian

Setelah bepergian atau berada dalam keramaian, Anda wajib membersihkan diri terlebih dahulu begitu sampai di rumah. Jangan sentuh apapun sampai Anda selesai mandi. Pakaian yang Anda gunakan juga sebaiknya langsung direndam dan dicuci.

5. Siapkan cairan desinfektan

Anda juga perlu menyiapkan cairan desinfektan. Gunanya untuk disemprotkan ke benda-benda yang sering dipegang atau benda-benda lainnya yang sering Anda bawa, seperti sepatu, kunci, tas, pegangan pintu, dan sebagainya.

Apa yang tidak boleh dilakukan?

Selain mengetahui hal-hal yang harus dilakukan, Anda juga harus tahu hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama wabah virus corona, di antaranya adalah:

1. Berkerumun

Anda tidak boleh berkerumun atau mengadakan perkumpulan. Anda pun dianjurkan untuk beribadah di rumah saja dan menghindari keramaian.

2. Menyentuh area wajah

Sebelum Anda mencuci tangan pakai sabun, Anda tidak boleh menyentuh area wajah, seperti hidung, mulut, dan mata.

3. Bepergian

Anda juga tidak boleh bepergian, baik ke luar kota, mudik, apalagi ke luar negeri. And boleh bepergian dalam keadaan mendesak, seperti berbelanja kebutuhan sehari-hari.

4. Panik

Anda tidak boleh panik, termasuk juga panic buying. Tetaplah tenang dan taati himbauan dari pemerintah.

Demikian hal-hal yang harus dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pandemi ini berlangsung. Sebelum statusnya dicabut oleh WHO, Anda wajib menuruti himbauan yang ada. Semua itu dilakukan demi menekan penyebaran virus corona. Untuk Anda yang sering bepergian karena tidak bisa WFH atau alasan lainnya, Anda bisa melakukan cek risiko terpapar covid-19 di aplikasi Halodoc. 

Anda hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan terkait aktivitas Anda dalam 14 hari terakhir. Setelah semua pertanyaan dijawab, hasilnya bisa Anda lihat secara langsung, apakah Anda termasuk orang berisiko tinggi atau tidak. Pada hasil tersebut juga akan diberikan saran langkah yang sebaiknya Anda ambil setelah melakukan pengecekan.

Share:

1 komentar:

Terkini

Label