Ikuti 6 Tips Ini Agar Janin dalam Kandungan Tetap Sehat

Saat tubuh memberikan tanda awal kehamilan, respon pertama adalah perasaan terharu yang begitu mendalam. Dalam sembilan bulan ke depan, hari-hari akan diwarnai suka duka kehamilan. Ini tentu saja menjadi momen yang sangat berharga di mana tidak semua orang bisa mengalaminya. Oleh karena itu, Anda harus menjaga janin di perut Anda sebaik mungkin, apalagi di trimester pertama.



Agar tumbuh kembang janin lebih maksimal dan Anda tetap sehat bugar, lakukan enam tips di bawah ini.


1. Tidak Merokok


Jika Anda sebelumnya adalah perokok aktif, hindari aktivitas tersebut mulai dari sekarang. Merokok sudah pasti membahayakan janin karena menyebabkan berbagai masalah seperti keguguran, bibir sumbing pada bayi, masalah plasenta, dan kelahiran prematur. Selain itu, hindari juga perokok lainnya, ya!


2. Tidak Melakukan Aktivitas Berat


Aktivitas juga mempengaruhi kesehatan janin Anda. Sebaiknya, Anda melakukan aktivitas-aktivitas ringan saja seperti jalan kaki, memasak, senam hamil, dan masih banyak lagi. Sebaliknya, hindari aktivitas berat seperti arung jeram, mengangkat alat-alat berat, lari marathon, dan masih banyak lagi.


3. Mengonsumsi Sayur dan Buah


Saat tanda-tanda kehamilan sudah terlihat, perbanyaklah makan sayur dan buah. Sayur dan buah sangat baik untuk pertumbuhan janin karena mengandung nutrisi yang baik seperti vitamin, mineral, zinc, kalsium, anti oksidan, dan masih banyak lagi. 


Makanlah buah dalam kondisi segar alias tidak perlu dijus. Selain itu, Anda juga mengkonsumsi sayur yang dimasak tidak terlalu lama.


4. Mengkonsumsi Vitamin Prenatal


Selain mengonsumsi makanan bergizi, Anda juga akan disarankan oleh bidan atau dokter kandungan untuk mengkonsumsi vitamin prenatal. Ini dilakukan agar kebutuhan asam folat ibu hamil bisa terpenuhi apalagi di trimester pertama. Asam folat yang terpenuhi bisa membantu mengurangi resiko kecacatan pada bayi dan gangguan kehamilan lainnya.


5. Tidur yang Cukup


Begadang tentu saja tidak baik, apalagi bagi ibu hamil. Pastikan Anda memiliki jadwal tidur yang disiplin. Misalnya, jam 9 atau jam 10 malam harus sudah tidur. Waktu tidur yang cukup ideal adalah 8 jam per hari. Ini termasuk tidur siang kurang lebih selama 30 sampai 1 jam. Dengan tidur yang cukup, Anda akan merasa lebih bugar saat masa kehamilan.


6. Hindari Stres


Mengelola stres juga sangat penting bagi ibu hamil. Hati yang bahagia dan pikiran yang tenang bisa membuat janin tumbuh lebih baik dan sehat. Sebaliknya, jika Anda stres berlebih, tumbuh kembang janin akan terganggu karena pembuluh darah menyempit saat hormon stres meningkat.


Oleh karena itu, hamil harus dibawa happy. Lakukan aktivitas-aktivitas menyenangkan saat hamil. Misalnya, masak makanan favorit, nonton drama korea, bermain game. Membaca buku, dan masih banyak lagi. Jika perlu, ajak suami untuk ngobrol hal-hal yang menyenangkan.


Dengan menerapkan enam tips di atas, perjalanan kehamilan Anda akan lebih sehat dan menyenangkan. Untuk artikel tips tanda-tanda kehamilan dan kesehatan lainnya, Anda bisa mengakses Halodoc. Pada platform ini, tersedia berbagai fitur yang bisa membantu Anda mendapatkan informasi tepat mengenai masalah kesehatan Anda.


Tidak hanya artikel kesehatan, di Halodoc juga tersedia berbagai fitur seperti  cek Covid-19, Tanya Dokter, Beli Obat, Rumah Sakit, dan Cari Dokter. Ini tentu saja memudahkan Anda untuk mencari rumah sakit terdekat dan membuat janji dengan dokter. Selain itu, memesan obat juga bisa lebih mudah lewat Halodoc, lho!


Gimana, praktis, kan? Segera unduh aplikasinya di Play Store dan dapatkan layanan terbaik untuk kesehatan Anda!


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label