5 Daftar Penyakit Kulit yang Gampang Menyerang Tubuh

Kulit adalah bagian tubuh yang mudah terkenal masalah atau gangguan kesehatan. Bukan tanpa alasan, kulit memang menjadi bagian tubuh terluar yang berfungsi untuk melindungi organ dan bagian dlam dari serangan kuman, bakteri, ataupun virus. Oleh karena itu, kulit menjadi lapisan pertama yang sering mengalami kontak dengan berbagai kumman, bakteri, dan virus penyebab penyakit. Hal itu lah yang membuat kulit menjadi mudah terserang berbagai macam masalah. Mulai dari gatal-gatal, bercak merah, bengkak, dan rasa terbakar. Nah jika kalian ingin tahu tentang penyakit kulit, berikut artikel ini akan memberikan beberapa daftarnya, yang diantaranya

1. Hemagioma

Penyakit yang satu ini akan terjadi saat di temukan adanya jaringan darah yang abnormal dalam tubuh, sehingga menyebabkan pertumbuhan daging atau kulit yang bukan kanker. Biasanya, hemangioma muncul di lapisan organ dalam manusia, seperti hati. Hemagioma adalah penyakit yang sejenis dengan tumor pembulu darah. Pada beberapa penderita, hemangioma akan membuat kulit telihat biru atau ungu. Hal ini terjadi apabila hemagioma muncuk di lapisan kulit dalam. Selain area tangan dan kaku, hemagioma dapat terjadi di kulit kepala, punggung, dada, dan wajah. Hemagioma juga bisa terjadi pada anak sejak merak lahir. Kondisi ini biasa di sebut dengan tanda lahir, dengan gejalanya akan terlihat setelah anak-anak berusia beberapa bulan.

2. Dermatitis

Penyakit kulit ini terjadi karena peradangan sering di sebut dermatitis. Kondisi ini terjadi bilamana kulit bersentuhan dengan bahan yang bersifat iritatif ataupun zat allergen (zat yang memicu reaksi alergi). Seseorang yang terkena dermatitis ini biasanya akan gatal-gatal dan munculnya ruam. Selain itu, kulit juga akan menjadi kering, rentan terkena iritasi, bahkan terkadang kulit sampai melepuh jika terkena zat iritan. Seseorang yang memiliki kulit sensitive terhadap zat iritan sangat mudah terkena dermatitis. Misalnya dari iritan antara lain yaitu bahan kimia, deterjen, pemutih baju, alcohol, dan sabun mandi. Untuk mengatasi penyakit karena peradangan atau dermatitis ini bisa di cegah dengan mengonsumsi obat yang mengandung kortikosteroid. Baik yang berupa salep atau tablet minum.

3. Psoriasis

Penyakit kulit ini biasanya di tandai dengan ruam merah, kulit terkelupaas, menebal, terasa kering, dan bersisik. Pada bagian atas bercak-becak merah terdapat sisik-sisik tipis yang meletat berlapis-lapis. Jika di garuk sisik tersebut akan rontok. Penyebab prosriasis adalah stress, trauma, dan tingkat kalsium yang rendah. Psoriasis bisa menyerang semua bagian tubuh, namun paling sering muncul pad bagian lutut, punggung bagian bawah, sikut, dan kulit kepala.

4. Campak

Ada dua jenis campak yaitu campak biasa (rubeola) dan campak Jerman (rubella). Walaupun terlihat sama, kedua jenis campak ini di sebabkan oleh virus yang berbeda. Campak biasa juga lebih menular dan berbahaya ketimbang campak Jerman. Virus campak bisa menular melalui udara, kontak langsung, dan juga kontak dengan objek yang terpapar virus di permukaannya. Campak biasa berbahaya karena virusnya bisa menginfeksi saluran pernapasan. Sayangnya masih banyak orang yang salah kaprah soal  penyakit ini.

5. Hives (urkitaria)

Hives adalah salah satu alergi yang paling sering terjadi. Alergi ini terjadi ketika antibody dalam darah yang mengenali zat asing. Walupun tidak berbahaya, penyakit ini bisa sangat mengganggu karena rasa gatal yang menyerang. Hives juga bisa di sebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah terkenal bulu binatang.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label